» » Apa Itu PKH ?

Apa Itu PKH ?

Penulis By on Senin, 16 Januari 2017 | No comments



Apakah itu PKH ? PKH kependekan dari Program Keluarga Harapan merupakan program bantuan tunai bersyarat (Conditional Cash Transfer/CCT) kepada  keluarga penerima manfaat (KPM).


Tujuan dari program ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengubah pandangan, sikap, serta perilaku KPM untuk lebih dapat mengakses layanan kesehatan dan pendidikan yang diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan. Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya pencapaian target MDG's.

Tujuan PKH secara khusus adalah :
  1. meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu melahirkan, ibu nifas, anak balita dan anak 5-7 tahun yang belum masuk sekolah dasar / anak pra sekolah atau disingkat apras.
  2. Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi anak-anak KPM.
  3. Meningkatnya taraf pendidikan anak-anak KPM.
Apa Sajakah Komponen PKH ?
  1. Komponen Kesehatan
  2. Kompenen Pendidikan
  3. Komponen Kesejahteraan Sosial
PKH diarahkan untuk membantu keluarga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan konsumsi.

PKH diharapkan dapat mengubah perilaku keluarga penerima manfaat untuk memeriksakan ibu hamil/nifas.balita kefasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan. Dalam jangka panjang PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya