» » Bagaimana Prosedur Pengaduan PKH ?

Bagaimana Prosedur Pengaduan PKH ?

Penulis By on Senin, 30 Januari 2017 | 39 comments

Foto : Monev PKH Kab. Bogor

Sistem Pengaduan Masyarakat (SPM) PKH berfungsi untuk mengakomodasi segala jenis pengaduan yang terkait dengan pelaksanaan PKH dan penanganan penyelesaiannya. Banyak pengaduan yang dilaporkan dari suatu daerah bukanlah indikasi kegagalan pelaksanaan PKH didaerah tersebut, namun harus dipahami sebagai suatu proses dan itikad baik yang akan sangat bermanfaat bagi penyempurnaan dan kelancaran pelaksanaan PKH.


Sistem pengaduan masyaratkat yang baik akan menjamin :
  1. kepuasan penerima manfaat dan masyarakat umum,
  2. diterimanya informasi secara akurat dan tepat waktu sehingga dapat segera dilakukan perbaikan yang diperlukan dalam pelaksanaan PKH.
Siapakah yang Menangani Pengaduan ?

Pendamping PKH memiliki peranan dalam memfasilitasi proses pengaduan dengan aktif mancari permasalah yang timbul ditingkat masyarakat, baik peserta PKH maupun non peserta PKH lewat pertemuan bulanan dengan ketua kelompok, penerima penyedia layanan pendidikan dan kesehatan, aparat pemerintah maupun peserta PKH setempat. Lewat diskusi dan pertemuan tersebut dan pertemuan tersebut, diharapkan pendampingan dapat memberikan masukan, solusi, maupun membantu para pihak melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya  untuk menyelesaikan masalah yang diadukan.

Jika hal ini belum cukup, maka pendamping PKH akan membantu para pihak yang ingin melakukan pengaduan ketingkat yang lebih tinggi menggunakan sistem dan prosedur pengaduan yang telah ada.

Bagaimana Penanganan Pengaduan Dapat Diselesaikan ?

Tujuan utama prosedur pengaduan dibuat untuk memberi kemudahan akses bagi siapa saya mengadukan madalah maupun temuan dan hal-hal yang berkenaan dengan PKH secara cepat. Proses ini pun disusun agar tidak ada para pihak yang merasa terintimidasi atas laporan/aduan yang diberikannya tersebut. Penanganan pengaduan secata tepat dan cepat di tingkat lokal merupakan tindakan yang diharapkan, namun jika tidak memungkinkan maka dapat dibuatkan pengaduan yang akan dikirim ketingkat yang lebih tinggi.  

Bagaimana Menyampaikan pengaduan ?

Peserta PKH dan masyarakat umum, termasuk media, LSM, dan sebagainya, dapat menyampaikan pengaduan baik secara langsung dengan mengisi formulir pengaduan yang ada di PPKH Kabupaten/Kota melalui pendamping.

Apakah Ada Alat yang digunakan dalam Proses Ini ?

PKH telah membuat lembar pengaduan resmi yang dapat diperoleh dengan mudah di tingkat terendah sekalipun (desa). Lembar pengaduan ini dapat diisi dan dikirimkan ke alamat yang telah ditunjuk untuk ditindaklanjuti secepatnya. 

Bagaimana Jika Pendamping yang Memiliki Masalah ?

Jika pendamping memiliki masalah terkait dengan dirinya, maka pendamping dapat menyampaikan pengaduan dan melakukan konsultasi langsung ke kantor PPKH Kabupaten/Kota, PPKH Provinsi atau Pusat melalui cara-cara penyampaian pengaduan.
Jika konsultasi langsung tidak menyelesaikan masalah, maka pendamping dapat mengisi formulir Pengaduan bukan peserta PKH (formulir C-2). Penyelesaian pengaduan lewat formulir ini akan ditangani oleh PKH Pusat.

Sumber : Buku Saku Pendamping
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

39 komentar

Unknown 16 September 2017 pukul 08.52

Selamat malam.. Saya mau nanya Jika pendamping yang mempunyai masalah, bagaimana cara menanganinya ,, dan tempat pengaduan PKH untuk Kota Depok Kecamatan Cipayung dimana yya ? Terima kasih

Deaprastya 5 November 2017 pukul 07.30

Mau tanya min kan atas nama nenek saya yang dapet pkh tapi baru dua minggu kakek saya meninggal trus kata pendampingnya pkh nya gk bisa cair soal nya kakek saya dh meningal .apakah seharusnya memang begitu apa ada permainan pendampingya bermasalah soale nya kalo dipikir kan atas nama nenek saya dan nenek saya masih ada mhon pencerahanya

jimy 12 November 2017 pukul 22.00

mu tanya..klo ketua ma pendamping yg bermasalah..lapor pengaduan kemana ya..kota malang kelirahan sumbersari

Agus_Anwar_Punteuet.Net 16 Januari 2018 pukul 23.48

Kalau pendamping meminta uang dari peserta pkh kita harus lapor kemana?

Anonim 31 Januari 2018 pukul 21.52

telfon ke contact center PKH saja, (021) 1500 299

Anonim 31 Januari 2018 pukul 21.53

telfon ke contact center PKH saja, (021) 1500 299

Anonim 31 Januari 2018 pukul 21.54

telfon ke contact center PKH saja, (021) 1500 299

Anonim 31 Januari 2018 pukul 21.55

telfon ke contact center PKH saja, (021) 1500 299

Unknown 27 Agustus 2018 pukul 06.29

Di desa jaturagas kec.jatusari kab.karawang jabar.
Seorang ketua kelompok curang mengambil uang pkh seseorang.....penerima pkh,yg katanya uang kamu tidak cai gitu ungkapnya,tapi nyatanya uang sudah di cairkan dan uang di pake sama ketua kelompoktolong di tindak lanjuti.

Opii 6 September 2018 pukul 07.56

Saya opii..
Saya ingin tanya...bantuan PKH itu bwat orang taw orang miskin???
Low bner bwat orang miskin...knp d desa saya cuma orang"kaya yg mndapatkn bantuan...tolong d tindak lanjuti
Alamat saya desa sukamaju...kec.sukalarang.kab sukabumi
Kp.Dangdeur RT 13 RW 02

Opii 6 September 2018 pukul 08.02

Saya sudah tnya kedesa setempat..ke ketua x..kependampingnya...mereka seakan menutupi bantuan pkh trsebutt
Orang yg bermobil sll d utamakn mndapat pkh...
Sedangkn orang miskin yg seharinya sebagai kuli itu juga low ada yg nyuruh...tk prnh mndapatkn bantuan pkh...harap d bantu
Dan mndapatkn hk nya...trimakasihh

Opii 8 September 2018 pukul 02.14

Mohon bantuannya...ini no tlpn saya
085659273011

Opii 8 September 2018 pukul 02.17

Punya no hp gx ka

Unknown 1 Oktober 2018 pukul 10.01

Saya ingin bertanya apa yg harus saya lakukan jika ada pendamping PKH yg selalu mengkondisikan untuk para KPM mengumpulkan ATM KKS serta pin nya dg alasan bahwa pendamping tdk bertanggungjawab atas adanya kesalahan dlm mekanisme pencairan PKH agar para KPM mau memberikan ATM dan pin nya... Terimakasih

Unknown 30 Oktober 2018 pukul 05.30

Maaf saya mau tanya,pergantian nama penerima dari pindah ke suami apa itu butuh proses lama,di karenakan cerai?anak ikut suami semua

Unknown 7 November 2018 pukul 19.32

Di tempat saya mau pencairan pkh rp 500,000 tapi ada potongan 250,000,
Saya mau lapor ke saber pungli aja karena percuma lapor ke kecamatan apalagi desa mereka sama aja.

Unknown 8 November 2018 pukul 17.52

Biasanya dapat 500,000, sekarang dapat 250,000. Dengan alasan donasi untuk gempa palu, gimana ini?. Mohon ditindak lanjuti, di lubuk PAKAM.

Unknown 11 November 2018 pukul 17.27

Selamat pagi, mau nanya apa benar dana pkh yg pencairan nya tgl11/11/2018 ada potongan 120rb/penerima pkh untuk d salurkan ke palu dn donggala..? Mohon penjelasan nya trmksh..

Unknown 11 November 2018 pukul 17.35

Di tempat kami ada pemotongan 120rb kata nya untuk bantuan gempa palu, apa kah benar..? Desa sukajaya kec bojong picung kab cianjur jawa barat..ini no sy 085894698064

bobrok 19 November 2018 pukul 07.25

kami dr desa leuwikujang ga merasa dapat bantuan seperti itu. bahkan tiap pencairan cuma di peri beras 10 kilo sama telor 2 kilo saja. apa pencairannya seperti itu. kebanyakan pemerintahan desa leuwikujang pada curang. bahkan seorang ustdz pun sampai mau makan rejeki orang miskin.

bobrok 19 November 2018 pukul 07.28

tolong rinjau ke desa leuwikujang kec. leuwimunding kab. majalengka penyaluran tidak sesuai. tiap pencairan cuma dapat beras 10 kilo sama telor 2 kilo. apa prosedurnya seperti itu dlm pencairan. tolong tertibkan.

Unknown 22 November 2018 pukul 15.36

Kenapa dana pkh ortu saya tidak cair dan saldo tidak bertambah ?
Sedangkan semua tetangga saya sdh cair semua...
Lokasi ortu saya ponorogo

Unknown 20 Desember 2018 pukul 09.35

Saya tinggal di kec tomohon utara tpatnya kelurahan kayawu saya punya temuan dimana banyak yg mengeluh mngenai penerimaan beras hanya 6 liter per kk sedangkan telor ada sebagian penerima yg diharuskan memberi upah kepada petugas kelurahan berupa 5 biji telor, jadi kami mohon kepada pihak berwenang dari pkh untuk menindak lanjuti .Sekian dan terima kasih.

Unknown 15 Januari 2019 pukul 05.46

Sy tinggal di kampung desa lengkong jaya pamanukan subang jawa barat.penyelenggaraan pkh di sini kurang sehat ada oknum.dr pendamping.giemna

Unknown 5 Februari 2019 pukul 16.42

Saya dari Tegal Jawa Tengah rt1/3 debong tengah,,, tolong di selidiki,, yang miskin ga dapet PKH yang kaya dapet PKH,,,,

Unknown 9 Februari 2019 pukul 03.24

nmrx gak bisa di hub min...

Unknown 9 Februari 2019 pukul 17.32

Betul kang, sama dengan di kampung saya, sebenarnya ini program.untuk masyarakat miskin atau nasyarakat kaya, kasihan yg masy miskin gak dapat yg dapat malah masyarakat yg sejahtera. Tolong ini jadi bahan evaluasi biar tidak bikin gejolak di masyarakat terus. Kp Hegarmanah RT 01/04 dan RT 02/04 desa Cibeber 1 Lw Liang

Unknown 16 Februari 2019 pukul 17.01

Tentunya yg miskin gak dpat PKH dan yg mampu malah dapat PKH.Sbnarnya ini program sangat membantu bagi yg tdk mampu.Tapi miris rasa ktika program tak sesuai sasaran.jadi ikut sakit hati lihatnya

Unknown 20 Februari 2019 pukul 03.13

Ibu saya dapet kartu, dapet atm dan buku tabungan tapi anehnya semua tetangga pada cair, cuma ibu sya aja yg gak pernah cair, percuma dong dapet atm dan buku tabungan kalo gak pernah cair, untuk apa, (desa teluk naga Kabupaten Tangerang)

Unknown 3 April 2019 pukul 03.56

Tadi sore saya ambil uang pkh pertama saya cek saldo nya 750ribu ,kenapa pas saya ambil semua yg keluar cuma 550ribu???

Unknown 14 April 2019 pukul 12.12

Saya dari Bandung mau cerita sedikit dengan keadaan ekonomi keluarga saya yg pas"an dan juga saya terlilit hutang saya mempunyai 3 orang anak dan yg paling menjadi beban anak saya yg paling besar sekarang sekolah di smk walaupun anak saya mempunyai kartu KIP tapi sama sekali tidak dapat bantuan apapun dari pihak sekolah di karenakan anak saya masuk dengan jalur akademis apakah yang mempunyai kartu kip harus bodo saya mencoba tuk minta keringanan dari pihak sekolah tapi tidak di tanggapi jadi saya minta bantuan kepada pihak pengurus pkh supaya saya bisa mendapatkan kartu pkh supaya saya bisa membayar hutang saya ke sekolah dengan uang itu biar pkh bisa meringankan beban saya jangan sampe orang mampu dapat pkh tapi yg membutuhkan tidak dapat karena di daerah saya banyaknya yg begitu mohon perhatianya terima kasih

Unknown 26 April 2019 pukul 00.46

Ditempat kami kok kebanyakan yg dpt pkh org yg mampu ya. Seperti saya siswa SMP. Orang tua saya seorang buruh serabutan . Kami belum punya tempat tinggal ,masih numpang rumah kakek. Utk bayar sekolah 250 rb setahun saja orang tua saya belum mampu membayarnya. Kok orang tua saya tdk dapat pkh . Sementara tetangga yang seharusnya punya rumah bagus kendaraan kok bisa dapat pkh ?sedang kami yg orang sudah kok tdk mendapatkan kip,Kis ,atau pkh ? Apakah itu adil ? Mohon direspon

Unknown 26 April 2019 pukul 00.56

Saya anak desa lebuawu RT 21 rw4 saya seorang pelajar SMPN 1 pecangaan.didaerah kami yg dpt pkh kok orang yang mampu ya .Sedangkan keluarga dpt kami yg ayah saya cm seorang buruh serabutan,ibu sy seorang ibu rmh tangga,kami yg tinggal masih numpang ditempat nnk. Bersama pakde kok gx dpt bantuan kip ,Kis ,atau pkh.untk melunasi uang sklh sbsr 250rb sj org tua kami blm bisa melunasinya.sementara adik saya umur 2 th setiap posyandu mendorong peringatan gizi di bwh standar. Mohon dipertimbangkan agar keluarga kami lebih sejahtera dan saya tdk putus sklh . Terima kasih

Unknown 7 Juli 2019 pukul 08.36

betul..bnyak yg salah sasaran mungkin pkh ditujukan utk orang yg pd mampu.disini jg sama yg dpt pkh orang2 yg mampu ,jd mohon didata ulang kpd PKH...

Unknown 7 Juli 2019 pukul 08.40

tolong dngn hormat kpd pengurus PKH,data ulang kmbali biar tepat sasaran...

Bila 28 Januari 2020 pukul 07.58

Pkh direngas dengklok jelas salah sasaran yg dpt pkh kebanyakan keluarga sde dari rt trus yg antri pkh punya mtr pribadi nunggu antrian maen hp nya pun hp mahal dan pke emas tlg kaji ulang data pkh didengklok

Unknown 31 Januari 2020 pukul 17.41

pkh d kampung pakalongan desa sindang jaya rt o2 rw 04.banyak ke janggalan.karena setiap kali ada saja pemotongan.dengan nominal bisa mencapay 50ribu.bahkan ada yg penerima kartu namun tidak menerima uang nya.padahal dari pihak bank terkait ada buku rekening dan nominal jumlah uang nya.dan ketua klompok nya sendiri orang yg sudah mapan dalam hal ekonomi.dan pendamping nya juga slalu susah d konfir.tolong d selidiki dan di tindak teugas..trimakasih

Unknown 13 April 2020 pukul 17.14

Slmt pagi. Didesa kami dana PKH justru yg dpt msh yg itu2 aja,yg suaminy msh pd bekerja, sdngkn bnyk para janda justru blm pernah sm sekali mndptkn ny. Dan ketuanya pun membagikannya secara diam2.. Apakah itu wajar?.. Kami didesa Kadumanggu, kecamatan Bbk madang.. Ini sungguh tdk adil untuk para janda baik yg msh muda ataupun yg sudah tua. Tlng kami mnta selidiki

Unknown 15 April 2020 pukul 00.40

Jika pendamping sama ketua yang bermasalah sengongkol lalu ke kecamatan juga tidak ditanggapi bagaimana