» » Banjir Terjang Indramayu

Banjir Terjang Indramayu

Penulis By on Minggu, 29 Januari 2017 | No comments


Intensitas hujan yang akhir-akhir ini cukup besar kembali menyebabkan banjir, banjir kali ini melanda beberapa wilayah di Kabupaten Indramayu (Senin, 23/01/2017). Banjir disebabkan akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya air sungai di Wilayah Kabupaten Indramayu. Wilayah yang terkena banjir antara lain :

Desa Tulung Agung
Sekira pukul 04.00 Wib telah terjadi kebanjiran di pemukiman penduduk Rt 20 dan 21/05 Ds. Tulung Agung Kec. Kertasemaya dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga debit air sungai cimanuk meluap dan telah merembes masuk melalui gorong gorong yang tidak ada katup/kelep penutup lubang pembuangan air sehingga air masuk ke pemukiman rumah warga sekitar tanggul dg ketinggian air lk 30 - 60 Cm, Rumah warga yang terendam lk 29 Unit.
Desa Gabus dan Desa Drunten Wetan
Banjir terjadi pukul 05.00 wib akibat luapan air sepanjang aliran kali kandanghaur yg mengakibatkan banjir di perumahan penduduk setinggi 10 - 20 Cm di Blok. Kedung waru rt 014/ 006 Desa. Gabus kulon dan Ds. Drunten wetan Adapun jumlah rumah yang terendam19 unit, pkl 08.00 air sudah surut dikarenakan air melintas.

Desa Pilangsari
Desa Pilangsari Blok. Cilengkong telah terjadi rembesan air pada tanggul sungai cimanuk dikarenakan Debit Air yang naik akibat curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan tergenangnya di area pemukiman dg ketinggian 10 - 15 Cm.

Desa Muntur, Desa Krimun dan Desa Pangkalan
Banjir terjadi pada pukul 05.00 wib akibat luapan dari Kali cipanas 1, kali saradan mengakibatkan sawah diblok Apur Kidul dan blok Proseda Blok kali cilik, terendam Desa. Muntur : Luas sawah yg terendam 5 Ha, Desa Krimun : Luas Sawah yang terendam 10 Ha, dan Desa Pangkalan : Luas Sawah yang teremdam 9 Ha dg ktinggian lk 50 -60 Cm. Dan air masuk Pemukiman Desa. Cemara kulon Rt 02 s/d 08 Kec. Losarang Kab. Indramayu dg ketinggian air 10 - 15 cm.


 Banjir ini mendapat perhatian dari Pemprov Jabar dengan kunjungan Wakil Gubernur Jawa Barat didampingi Kepala Dinas Sosial Prov Jabar, Kepala Bidang Balinsos Dinsos Prov Jabar, hadir juga Bupati Indramayu, Dinas Sosial Kab Indramayu, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, (Sabtu, 28/01/2017). Sedangkan untuk membantu penyaluran bantuan dilaksanakan oleh BPBD Kab Indramayu, Tagana, PKH, TKSK dan Karang Taruna.


Bantuan yang diberikan berupa sembako, makanan siap saji serta peralatan MCK dan secara simbolis diserahkan kepada 10 KPM peserta PKH. Sementara itu bhakti sosial juga telah melaksanakan pembuatan penahan tanggul dan menutup gorong gorong penyebab masuknya luapan air sungai Cimanuk.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya